Wisata Belanja Batik Trusmi

Motif batikSiapa yang tidak kenal dengan Batik? Kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah berabad lamanya menjadi bagian dari budaya Jawa, saat ini telah menjadi budaya bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Sejak “kasus” mencaplokan dari negara tetangga Malaysia, yang mengklaim bahwa batik berasal dari sana, rasa nasionalisme dari anak bangsa ini pun akhirnya tergugah. Sampai slogan dari sebuah iklan komersial turut membela batik yang merupakan budaya Indonesia. Imbas dari itu semua, tren batik pun semakin bermunculan dan mulai diminati masyarakat luas. Batik yang bagi masyarakat awalnya hanya dipake sebagai “baju resmi kondangan” dan dipakai oleh kakek nenek kita kini berubah menjadi mode busana sehari-hari. Para perancang busana berlomba-lomba membuat berbagai model pakaian yang berbahan dasar batik.

Wisata Belanja Batik TrusmiKebanyakan orang pasti mengenal Pekalongan sebagai kota batik. Meskipun demikian di Indonesia banyak sekali daerah yang memiliki budaya batik, yaitu Yogya, Solo dan Cirebon. Artikel saya kali ini akan mengajak jalan jalan dan mengunjungi daerah wisata batik yang ada di Cirebon. Kotamadya yang berlokasi di propinsi Jawa Barat dan berjarak 297 km ke arah timur Jakarta ini memiliki tempat wisata batik yang cukup populer bernama Trusmi. Trusmi sendiri adalah nama desa di kecamatan Plered, kabupaten Cirebon dan berjarak 5 km dari pusat kota. Lokasinya dari arah Plumbon atau Jakarta terus masuk ke arah kota, jangan masuk ke dalam tol karena akan memutar jauh. Setelah sampai di perempatan pasar Plered, belok ke kiri. Disitu terdapat papan nama “ Objek Wisata Belanja Batik Trusmi”.

Desa yang memiliki banyak pengrajin batik traditional Cirebon adalah di Trusmi Kulon dan Trusmi Wetan. Meskipun ada beberapa desa di sekitar Trusmi yang juga menghasilkan produk atau pengrajin batik yaitu Gamel, Kaliwulu, Wotgali, Kalitengah dan Panembahan. Rata-rata mata pencaharian penduduk asli desa-desa tersebut adalah membatik dan kebanyakan keluarga memiliki industri batik meskipun skalanya masih rumahan.

Sedikit mengutip dari wikipedia, kisah membatik desa Trusmi tidak lepas dari peranan Ki Gede Trusmi. Beliau adalah salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati. Beliau ini yang mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan pengaruh agama Islam saat itu. Untuk menghormati jasa-jasanya, sampai sekarang makam Ki Gede masih terawat baik, bahkan setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap setiap empat tahun.

Showroom Batik Trusmi CirebonDisepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, saat ini banyak kita jumpai puluhan showroom batik. Berbagai papan nama showroom nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Munculnya berbagai showroom ini tak lepas dari tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota terhadap batik Cirebon. Setiap hari Sabtu dan Minggu atau weekend, banyak sekali kendaraan luar kota (kebanyakan dari berplat nomor B dan D) yang berjubel parkir dihalaman showroom. Sesekali juga terlihat rombongan bis wisata yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu, berada di dareah ini.

Namun sayang karena sempitnya jalan (hanya sekitar 3 meteran), dan banyaknya kendaraan, seringkali menimbulkan kemacetan. Sehingga terpaksa untuk bis yang berukuran besar dan mengangkut 50 orang hanya parkir diluar kawasan. Dampaknya showroom yang berada di daerah pintu masuk lebih banyak memiliki keuntungan.

Menurut penduduk daerah tersebut, sering kali terlihat artis ibu kota yang berbelanja di beberapa showroom tersebut. Terakhir minggu lalu, kabarnya Luna Maya berbelanja batik disana meskipun saya tidak melihatnya langsung.

Berbagai motif dan bahan bisa kita jumpai disini, bahkan motif batik Pekalongan, Solo dan Jogja juga bisa kita temukan disini. Harga yang ditawarkan juga beragam, sesuai dengan bahan, apakah katun, sutra, serat nanas dan juga proses pengerjaannya, cap, sablon atau tulis. Harga batik tulis biasanya lebih mahal dua lainnya.

Jika ingin mendapatkan kualitas batik tulis yang bagus dengan harga yang lebih murah dari harga di showroom bisa langsung mendatangi pengrajinnya. Lokasi pengrajin batik, berada dibelakang showroom-showroom tersebut. Salah satu pengrajin batik tulis adalah Bapak Mustakim atau biasa dipanggil pak Ta’im, pemilik industri batik rumahan Batik Gemilang – Sembilan Saudara. Bisa dijumpai dibelakang showroom Salma, dan disini kita bisa melihat langsung proses membatik yang memang membutuhkan kesabaran, kecermatan dan ketelitian tinggi..

Salam JalanJalan…

About these ads

34 Tanggapan

  1. bole juga ne infonya jd pgn cpt2 ke Cirebon deh belanja batik, belanja yg termurah dimana ya?Thx

    • Untuk harga di showroom biasanya relatif sama, tergantung dari bahan dan jenisnya (tulis, sablon atau cap). Ada sih beberapa showroom yang selalu ramai pengunjung, mungkin karena lebih murah. Tetapi kalo mau lebih murah lagi bisa langsung ke pengrajinnya aja..

      • Saya berniat untuk menjadi reseller, dan ingin langsung pesan dari pengrajinnya, karena pasti harganya jauh lebih miring dibanding penjual-penjual tersebut. Di mana ya alamatnya para pengrajin tersebut? tolong bisa kirim ke email.

        terim kasih.

        salam sejahtera.

  2. ne sebagian buday jawa barat….yang kadang terlewat sama pejabat… hidup wilayah III cirebon…i lov u full cirebon

  3. krenz jga nhe, batik cirebon,,
    jdi pgen ksana dhe,,

  4. bapak aatu ibu saya mau nanya nih…

    kira-2 kawasan jalur Kota trusmi kok terkesan kumuh dan infrstruktur di sana kurang baik ya ?? …. apakah tidak ada kordinasi atau bantuan dari pemerintah daerah untuk memperbaki infrastruktur tersebut.
    katanya di Trusmi ada juga pengrajinnya juga ya selain tempat menjual batik?

    masih banyak yang ingin saya tahu tentang trusmi. terima kasih…

    tolong kirim jawaban bapak atau ibu ke alamat email saya….

  5. 2 mg kmrn aku hbis brkunjung k trusmi, memang benar sarana prasarananya tidak ditunjang dengan baik. tapi terlepas dari itu semua, saya merasa puas dengan koleksi, kualitas, model dan harga batik yang ditawarkan. cm beberapa yg bru sya kunjungi, dan untuk harga yang bersahabat, anda bisa mencoba d showroom batik annur salah satunya.

  6. waaaaaaaa…. keren keren euy
    kalau bisa di gambarkan donk motif2nya

  7. bagus bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet

    aduh rasa nya ingin kesana deh………………………….?

    aduh rasa nya ingin kecirebon deh………………………….?

  8. Daerah Trusmi memang terkenal dengan batiknya, Batik yang murah dan cantik2 banyak tersedia di outlet2 sepanjang jalan trusmi dan panembahan. Batik yang bervariasi dan tentunya dgn harga yg berbeda pula menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen.berbagai cara mempromosikan batik tergantung pilihan pemilik outlet.
    kami jg menawarkan website toko online yg beralamatkan
    http://www.wifie-batikindonesia.co.cc yang menyediakan berbagai macam pilihan variasi batik, tentunya batik yg ada di alamat itu merupakan pilihan terbaik kami.
    salam batik Indonesia.

  9. okkehh ,

  10. mba, alamt para pengrajin batik trusmi dimana ya? insya allah lusa sy mo ksana. trimaksh

    • Anda bisa berkunjung ke penduduk dibelakang showroom. Mereka mayoritas adalah pengrajin batik, atau bisa juga ketemu bapak Mustakim (Ta’im), Ds. Trusmi kulon blok sibunder, no. 82

      • met siang , dari pertama mengenal batik yg sy tau batik cirebon terutama motif megamendungnya. sampai-sampai sy buka toko batik, tapi sampai dengan saat ini sy selalu beli dari toko ato showroom ato orang dari plered yang bw kebali. saya ada rencana akhir taun mau kecirebon untuk meliat langsung proses pembatikan dan mau beli u direseller lagi. selain dipak mustakim bs kasi tau tempat pengrajin yang lain ya? trims

  11. mau tanya nihhh..
    Kalau mau berkunjung ke kawasan trusmi dengan kendaraan umum dari arah sumedang-kadipaten dengan dengan bis atau transportasi umum bagaimana yaaaaa?? Ada yang bisa bantu ggak??

    Terimakasih…

  12. kira kira di mana saya bisa belajar membatik di daerah trusmi+alat dan bahan yang digunakan bisa saya beli dimana ya,,, thanks before

  13. Mohon dapat diberikan alamat lengkap serta no telp yg dapat di hubungi.

    kami dari Acs Women group ingin mengunjungi wisata batik tersebut sekitar 15 orang..dan mohon dapat diberikan informasi masalah tempat penginapan yg layak dan terjangkau disekitar kampung batik tersebut.

    Terima kasih

  14. patut di banggakan punya produk hasil anak bangsa indonesia khususnya cirebon

  15. mau tanya nihh…
    KAlo mau jadi reseller batik trusmi gmana caranya? bisa langsung pesen ke pengrajinnya ga?biar harganya bisa lebih miring,,,,,mohon infonya..
    Makasih..

  16. apa ada travel agen yang mengarrange wisata 1 hari di kota cirebon (tanpa menginap? dari jkt kurang lebih 30 orang, bisa dibantu info?terimakasih

  17. Salam kenal…butik kami bersedia membantu menjualkan batik Trusmi dengan sistem konsinyasi. Butik kami bernama BIAI HOUSE yang beralamat di Jl Nanas 41 Bandung,…yang fokus di bidang moslem fashion, craft dan batik nusantara. Please respond. Terima kasih.

    • Mungkin ada pembaca lainnya yang ingin bekerjasama dengan BIAI HOUSE?silakan kontak langsung aja

    • Salam kenal zakia..
      Kebetulan sy sedang mencari outlet2 atau showroom2 yg bersedia menjalin kerjasama dgn para pengrajin batik trusmi. Blh sy minta alamt lengkap BIAI HOUSE? Harap dikirim ke email sy. Trmksh. :)

    • kalao boleh silahkan hub syaa di 0817328547 saya menyediakan batik batik madura asli sms ya

  18. kami butuh batik sekitar 48 potong untuk guru2 mohon informasi harga…………..

  19. kalo pngn batik yg muraah toko apa nmanya.
    Ak mu belanja yg bnyak buat djualin lgy

  20. kalo pngn batik yg muraah..
    Ak mu belanja yg bnyak buat djualin lgy

  21. mbak minta no hape dan alamat para pengrajin di daerah trusmi dunk

    saya mau kulakan nih .. mau di jual lagi nih

    sms saja di 0817328547

    mau cari yang murah murah saja

    krn di showroom keknya sudah mahal itu

  22. aku tar mau kesana tapi aku mau tau dulu harga2nya,aku mau beli buat suami dan anakku……………….???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: