Maron, kerinduan wisata pantai Semarang

pantai-maron-1Berawal dari cerita teman, banyaknya komentar dari orang-orang dan rasa penasaran terhadap lokasi wisata pantai baru di Semarang, saya pun berniat mengunjungi lokasi ini. Mungkin yang selama ini ditunggu warga Semarang adalah keinginan untuk berwisata pantai yang dekat lokasinya sehingga hemat waktu dan biaya transport. Nama Maron sendiri konon karena pantai ini masih merupakan milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad), karena merah maron merupakan warna khas baret Penerbad, maka pantai ini disebut Pantai Maron.

Pantai Maron sendiri terletak di muara sungai Silandak dengan jarak 3 km dari jalan raya. Pantai Maron bisa ditempuh dari dua tempat, yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Pertama kali menuju kesana saya lewat Bandara, sepanjang jalan saya cuma berpikir jarak 3 kilo tapi kok lama juga ya perjalanannya. Lamanya perjalanan dikarenakan kondisi jalan yang belum beraspal, hanya berupa tanah padas keras berwarna coklat kekuningan. Ditambah lagi dengan kondisinya yang tidak mulus, biasa tipikal tanah padas – setelah turun hujan akan jadi becek, licin, berlumpur membentuk cekungan yang kemudian jika mengering akan membuat jalan jadi tidak rata.

Kira-kira dipertengahan jalan, kita akan menjumpai pos penjaga yang akan menarik tarif masuk sebesar Rp. 4000 per orang (tapi saya tidak tahu apakah tempat ini memang sudah dikelola secara profesional oleh Pemda?). Setelah menempuh perjalanan sekitar 15 menit (waktu tempuh tergantung kondisi jalan), sampai juga di pantainya.
Wah..ramai juga pantainya, mungkin karena ini hari minggu sehingga banyak rombongan anak muda dan keluarga yang datang untuk berlibur.

Lumayan juga pantainya ada pasirnya tidak seperti pantai laut utara Jawa kebanyakan yang banyak batu karang, meskipun pasirnya berwarna abu-abu kehitaman dan memang tidak sebagus pantai Parangtritis Jogja, pantai Kuta atau pantai Manggar Balikpapan. Secara umum pantainya bisa dikatakan kotor sekali, kurang bersih baik dari sampah organik maupun anorganik dan ini yang patut disayangkan yaitu perawatan lingkungannya!

Ditepi pantai banyak berjajar warung makan yang menawarkan beragam menu kuliner, mulai dari nasi goreng, mie ayam, bakso, dan sate, sehingga akan memudahkan pengunjung yang akan mengisi perutnya yang keroncongan sehabis bermain air, berenang atau yang hanya sekedar berjalan-jalan menyusuri pantainya.

Nah buat yang hobi berenang atau hobi berwisata ke pantai, pantai Maron ini bisa menjadi alternatif tempat rekreasi yang menyegarkan. Dan sekedar informasi disini kita juga bisa menyewa kapal atau perahu untuk berkeliling di sekitar pantai. Menarik bukan..? Selamat berwisata…

Salam JalanJalan

Silahkan lihat foto lainnya disini

8 Tanggapan

  1. WAH SEMARANG HEBAT YA,MUNGKIN DIDUNIA BARU ADA SATU WISATA PANTAI SAMPAH, HE HE

    • Hehe..Yah di Indonesia masih banyak objek wisata yang penggarapannya masih setengah hati, perawatannya ga jelas..tetapi mudah-mudahan ke depannya pemerintah lebih peduli.

  2. apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan twuhhhhhhhhhhhhhhhh?
    obat leukimia?mw tw dwong

  3. Sebenarnya sangat banyak lokasi wisata di Semarang.
    Hanya saja tidak dikelola dengan sangat baik.
    Coba dech kalau mulai sekarang dan tumbuh dari pribadi tiap masyarakat untuk dapat MENCIPTAKAN KEBERSIHAN dimana saja, pasti dech Semarang sebagai salah satu kota yang pernah mendapat Adipura akan benar-benar menjadi PUlau Dewata ke-2 setelah Bali yang saben hari dikunjungi bule…………

  4. keren….aku bangga jadi orang semarang dan tolong obyek wisata itu dijaga kebersihannya…ok!

  5. sebelumnya sorry ya bro… gua lebih dari 7 tahun tinggal di semarang, jujur ya gan apa sich objek wisata pantai yang bisa di banggakan dari kota semarang, pantai jelek dan penuh sampah gituan aja jadi kebanggaan…

    kagak tau malu ya, banggain kok pantai kayak gitu… da yang lebih keren kagak selain pantai kayak gitu…

    sorry bro, jgn marah atas kritikan gua, smg kritik tsb bs jd masukan buat perbaikan pantai di kota semarang… peace…

  6. Kui dudu pantai ning tempat pembuangan sampah -ahhhahahahaa

  7. pantai sampah larahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: