Makan di WARTEG, Siapa Takut?

Biasanya pada saat akhir bulan atau tanggal tua, kebanyakan dari mahasiswa dan karyawan yang berasal dari luar kota Semarang (tinggal di kos-kosan) sudah mulai melakukan pengencangan ikat pinggang alias menghemat pengeluaran. Maklum uang sebagian sudah dikirim ke keluarga di rumah, buat anak istri. Kalo yang mahasiswa uang bulanan sudah buat foto kopi makalah kuliah, bayar ini itu, bayar utang rokok di warung bang Miun yang nilainya udah menggunung atau juga udah abis gara-gara ngajak makan pacar di restaurant fast food (buat jaga gengsi)…hehe…

Nah…kalo isi dompet sudah sudah abis-abisan sambil menunggu angin segar bulan depan datang, kita bisa melakukan pengiritan untuk soal perut. Jadi modal dikit…makan kenyang…hati senang…tidur pun nyaman. Makan di Warteg atau Warung Tegal bisa jadi alternatif pilihan tempat makan yang asik. Identiknya kebanyakan orang menganggap warung Tegal kesannya jorok, kumuh, pokoknya ga bersihlah..Padahal kalo kita pintar milihnya banyak juga kok warung Tegal yang bersih dan ramai dikunjungi orang.

Dari banyaknya warteg yang ada di kota Semarang, beberapa tempat di bawah ini mungkin bisa dijadikan pilihan :

  1. Warteg SEDERHANA – lokasi di Jl. Karangrejo Semarang, masuk lewat jalan di samping PLN Jatingaleh kira-kira 100 meter sebelah kiri jalan. Karyawannya wanita, masih muda semua dan tempatnya bersih banget. Pilihan menunya juga banyak, mulai sayur sop, bening, asem, lodeh, soto sampai nasi rames dengan lauk yang bermacam-macam. Dan satu lagi parkirnya Gratis!!.

  2. Warteg CITRA BAHARI – cat bangunannya bernuansa hijau. Lokasinya di jalan Ngesrep Timur (Prof. Sudarto), Sumur Boto – Tembalang. Masuk dari Gapura atau patung kuda Universitas Diponegoro Tembalang Jl. Setiabudi, kira-kira 300 meter sebelah kiri pas dipertigaan Perumahan Srondol Bumi Indah. Karyawannya juga wanita muda semua – mungkin ini jadi strategi dagang untuk menarik pengunjung..:-). Tempatnya agak lebih kecil sedikit dibandingkan warteg Sederhana. Tapi pilihan menu juga tidak kalah banyak, mulai sayur yang berkuah sampai yang kering-keringan. Lauknya juga bermacam-macam, mulai dari telur ceplok bumbu pedas, ayam goreng sampai daging rendang. Tapi parkirnya sekarang ga gratis lho, padahal dulu dipintu warteg dipasang tulisan Parkir Gratis, sekarang sudah dicopot.

  3. Warteg Bu DEWI – lokasinya di Jl. Kelud Raya, dari arah Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kelud atau PDAM ke arah pasar Sampangan sebelah kanan jalan, diseberang Planet Game. Disampingnya ada toko kecil yang berjualan helm dan perlengkapan untuk mengendarai motor. Pilihan menu lumayan banyak, warungnya ramai dan juga cukup bersih. Parkir motor cukup bayar Rp. 500 dan Rp. 1000 untuk mobil.

  4. Warteg Bu DEWI – saya kurang tahu apakah ini cabang dengan warteg Bu Dewi di jalan Kelud? Lokasinya di Jl. Menteri Supeno, belakang / samping RS. Kariadi Semarang. Tempatnya tidak sebesar 2 tempat teratas dan pilihan menunya juga lumayan banyak. Catatan tempat memang tidak sebersih lainnya tapi banyak juga pelanggan yang makan disini dan parkirnya lagi-lagi harus membayar..

Makan di warteg tersebut juga ada juga tipsnya biar tetap murah :

  • Tentukan jumlah porsi nasinya ½ atau 1 porsi. Biasanya banyaknya ga terlalu beda banget tapi lumayan harganya bisa beda Rp. 500

  • Pilihlah sayur aja (yang berkuah) seperti sop, bayem atau sayur asem selain sehat juga harganya murah. Beda kalo kita pesen nasi rames atau menu yang isinya bermacam-macamseperti mie, acar, kering tempe atau kentang goreng soalnya hitungannya per item.

  • Lauknya cukup telur dadar atau ceplok/mata sapi plus tempe aja atau pake ati/empelo kalo budgetnya masih cukup.

  • Minumnya air putih aja, selain gratis (tapi ga semua warteg lho), sehat dan lumayan bisa mengurangi resiko diabetes..hehe.

  • Untuk menu nasi 1 porsi + sayur + telur dadar + 1 buah tempe + air putih kira-kira cuma Rp. 4000 aja.

  • Terakhir biar bisa mendapatkan pilihan menu yang lengkap dan masih hangat sebaiknya, jangan terlalu sore atau malam datangnya.

Nah sekarang udah kenyang…tinggal besok buat rencana mo ngajak pacar makan di restaurant mana lagi ya?Nah lho?!!

Salam JalanJalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: