Motor Listrik Sport..Keren!!

Zero motor 4Tren sepeda motor listrik memang sedang sudah cukup lama mewabah.  Fenomena tidak lepas dari pemikiran untuk mengatasi krisis energi bahan bakar di masa depan dan menekan tingkat polusi yang dapat berimbas pada meningkatkannya global warming akibat meningkatnya gas rumah kaca. Sebelum kemunculan sepeda motor dengan sumber tenaga dari listrik, telah muncul kendaraan (mobil) dengan tenaga listrik, tenaga surya, hidrogen dan sebagainya.

Sepeda motor listrik yang merupakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator, di Indonesia saat ini sudah ada berbagai merek yang meramaikan pasar dalam negeri seperti Emoto, Betrix sampai Trekko. Mulai dari model standar yang masih berbentuk seperti sepeda sampai yang sudah dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

Zero motorNamun kendaraan bertenaga listrik belum bisa menarik perhatian pengguna kendaraan karena daya tempuh dan tenaga kendaraan itu belum bisa menyamai kendaraan berbahan bakar konvensional. Tetapi hal ini terus dikikis lewat penelitian dan sebuah perusahaan motor di Inggris bernama Zero Motorcycles berhasil melakukannya. Perusahaan itu memperkenalkan rancangan sepeda motornya yang dilaporkan bisa ngebut menyaingi motor konvensional.

Zero motor 2Motor ini diklaim bisa melesat dari posisi berhenti hingga 80 kilometer perjam dalam waktu lima detik!!. Dengan kecepatan puncak mencapai 96,6 km/jam. Catatan akselarasi itu terbilang luar biasa untuk ukuran motor bensin sekali pun. Menurut Zero Motorcycles hal itu bisa dicapai karena tidak ada persneling pada motor ini dan bobot yang ringan.

Zero motor 3Neal Saiki, perancang motor ini mengatakan ia merintis rancangan ini enam tahun lalu dengan biaya pribadi setelah meninggalkan pekerjaannya sebagai perancang peralatan ruang angkasa bagi badan antariksa nasional Amerika Serikat. Saiki juga merancang baterai yang mampu menggerakkan motor hingga jarak 60 mil untuk setiap kali pengisian penuh.

Rancangannya kini dijual di ruang-ruang pamer di Inggris dan kota-kota lain di Eropa karena ada investor dari perusahaan finansial besar. Industri otomotif konvensional menurut Saiki masih enggan menanamkan modal mereka pada kendaraan listrik.

Modelnya keren!! Kira-kira kapan ya masuk Indonesia?..:)

sumber : zeromotorcycles & tempointerakif

8 Tanggapan

  1. seep banget tuh,,,,

  2. mantap harganya berapa tuh motor

  3. iya bagus itu,,,yang belum kepikiran cuma bebek listrik dan wanita listrik….

    heeee,,,,huh,,,

  4. yang duluan pasti negara luar kapan ya negara kita bisa duluan…………

  5. Support for green zone, support for better life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: